Cara Pengobatan Medis Paling Aneh Sepanjang Sejarah Kedokteran

Posted: Januari 16, 2011 in Info Menarik, Sains Teknologi

Misalnya, sejarah medis pada abad ke-17 ketika dokter sebenarnya merekomendasikan pasien sakit menyimpan kentut mereka dalam toples. Hal itu bukanlah lelucon.

Menurut penulis buku medis aneh ‘Why You Should Store Your Farts in a Jar & Other Oddball or Gross Maladies, Afflictions, Remedies and Cures’ David Haviland, resep kesehatan yang lebih baik di antaranya kentut dalam toples dan menciumnya ketika Anda merasa lemah.

Lebih tepatnya, Haviland mengatakan saran bau merupakan bagian perintah dokter di Inggris selama Wabah Besar London pada 1665. Penyakit ini menyebabkan warga jatuh seperti lalat. “Pengetahuan mengenai obat sangat terbatas saat itu. Wabah ini diyakini disebabkan uap mematikan di udara yang banyak dikira dokter dapat disembuhkan oleh uap tubuh,” jelas Haviland.

Mereka mengira uap busuk seperti kentut bisa memerangi penyakit sehingga dokter menyarankan pasien menyimpan kentut dalam toples. “Dengan cara ini, ketika wabah muncul, mereka bisa membuka tabung dan menghirup uap guna menangkal uap buruk berpenyakit itu. Hal itu masuk akal bagi mereka”.

Hal ini seolah terdengar seperti dokter berusaha melawan api dengan api, hanya saja metodenya bau. Haviland mengatakan malpraktik medis gas tertentu akhirnya berakhir, namun dokter tak berhenti memberi resep aneh ke pasien sakit. Beberapa kasus aneh lain dari dunia medis.

Transplantasi Testis kambing untuk Impoten

Jauh sebelum ada Viagra, dukun bernama John R Brinkley mulai menyebut dirinya sebagai ‘dokter’. Pada 1918, Brinkley mengklaim testis kambing dapat meningkatkan libido pria dan kejantanan jika dimasukkan ke dalam skrotum manusia.

Tak lama kemudian ia mulai melakukan operasi aneh gonad kambing yang mahal yang ia janjikan akan menyembuhkan impotensi. Praktek transplantasi testis Brinkley membuatnya sangat kaya, namun akhirnya penipu ini kehilangan lisensi medisnya.

“Operasi testis Brinkley sangat memenuhi syarat keanehan medis,” kata Haviland. “Saat meneliti karirnya, saya menemukan Brinkley secara pribadi memilih kambing untuk transplantasi, seolah ia tahu benar kambing terbaik untuk menjadi penyembuh. Brinkley merupakan karakter aneh”.

Serbuk Simpati

Haviland mengatakan pada abad ke-17, beberapa orang bersumpah ramuan aneh serbuk simpati mampu menyembuhkan orang terluka. Haviland mengatakan obat yang populer dalam pengobatan gaib itu berisi segala macam bahan aneh, termasuk cacing tanah, tulang babi, oksida besi dan bubuk mumi.

“Alih-alih menggunakan campuran itu pada luka, orang menggunakannya bubuk itu pada senjata yang menyebabkan luka. Mereka berpikir hal itu mempercepat kesembuhan. Banyak dokter menggunakan serbuk simpati guna mengobati tentara terluka di medan pertempuran,” jelasnya.

Kematian Raja George V

Setelah memilah buku sejarah tak berujung dan jurnal medis, Haviland sangat terkejut mengetahui bagaimana Raja George V mati pada 1936. Meski laporan awal menyatakan pemimpin kerajaan itu meninggal karena sebab alamiah, sebenarnya Raja itu meninggal di tangan dokternya sendiri, Lord Dawson of Penn.

“Raja George V dibunuh dokternya sendiri yang memberi dua suntikan mematikan morfin dan kokain ketika ia sedang di ranjang kematiannya. Hal ini dilakukan agar kematiannya bisa dilaporkan saat batas waktu cetak surat kabar ‘The Times’ keesokan paginya,” kata Haviland. Mati untuk memenuhi batas waktu, bukan?

Petinju Minum Urin Mereka Sendiri

Orang minum air ketika haus, anehnya ada beberapa orang yang minum air kencing mereka sendiri. Menurut Haviland, praktek kesehatan aneh ini sangat umum di antara petinju dan mereka yang terlibat seni bela diri. Hal ini dikarenakan atlet selalu mencari cara menambah lebih banyak nutrisi makanan mereka. Minum kencing tampak logis.

“Mereka mengira cara ini bisa mendapat nutrisi dari makanan mereka dua kali,” jelas Haviland. “Petinju minum air kencing untuk stamina ekstra”. Pernah dengar Gatorade? Minuman kuning rasa Lemon-Lime ini terasa lebih baik dari kencing.

Itulah fakta-fakta dari sejarah medis. Kedokteran memang aneh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s